About Us

SD Muhammadiyah 12 Pamulang adalah pengembangan amal usaha Pimpinan Cabang Muhammadiyah Setiabudi Karet, Jakarta Selatan. Pada tahun 1987 lokasi SD Muhammadiyah milik Cabang Muhammadiyah Setabudi Karet terkena gusur proyek segitiga emas Kuningan. Kemudian pada tahun 1990 pengurus cabang memutuskan untuk membeli lokasi di wilayah Pamulang. Pada tahun 1991 mulailah SD Muhammadiyah 12 dibangun dan berdiri. Alhamdulillah keputusan pengurus pada saat itu tepat. Karena SD Muhammadiyah 12 Pamulang cukup berkembang dengan baik. Animo dan kepercayaan masyarakat sangat baik terhadap keberadaan SD Muhammadiyah 12 Pamulang.

Tujuan sekolah SD Muhammadiyah 12 Pamulang merupakan penjabaran dari tujuan umum pendidikan, visi  dan misi sekolah. Berdasarkan tiga hal tersebut, maka kami menjabarkan tujuan SD Muhammadiyah 12 Pamulang adalah sebagai berikut:

  1. Menegakkan amar ma’ruf nahi munkar
    • Terbaik  dalam pengembangan potensi, kecerdasan, bakat dan minat
    • Terbaik  dalam perolehan nilai UASBN di tingkat kota Tangerang Selatan
    • Mampu bersaing masuk jenjang SMP dan/atau MTs baik swasta maupun negeri sesuai pilihan siswa
    • Terbaik dalam berbagai kompetisi akademik dan non akademik dalam berbagai event
    • Terdepan dalam mempersiapkan persaingan dunia global
    • Terbaik dan terpercaya dalam memberikan pelayanan pendidikan
    • Terlengkap dalam penyediaan sarana-prasarana pendidikan
  1. Visi Sekolah

Dalam merumuskan visi sekolah, kami melibatkan fihak-fihak terkait (stakeholders) dengan melakukan musyawarah, sehingga visi sekolah kami benar-benar mewakili aspirasi semua fihak yang terkait, dengan harapan semua fihak yang terkait dalam pembelajaran (guru, karyawan, peserta didik, dan wali siswa) benar-benar menyadari visi tersebut untuk selanjutnya memegang komitmen terhadap pencapaian visi yang telah disepakati tersebut

Adapun visi SD Muhammadiyah 12 Pamulang adalah:

Mewujudkan Sekolah Islam berkemajuan  dan berwawasan global yang dapat mengaktualisasikan nilai iman, ilmu dan amal

Dalam rangka mewujudkan visi tersebut, berbagai upaya telah kami lakukan, di antaranya:

  • pembinaan sikap mental tenaga pendidik dan kependidikan
  • peningkatan disiplin pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik
  • penanaman dan pembinaan sikap mental peserta didik
  • peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan
  • melengkapi sarana dan prasarana pendidikan
  • pembenahan managemen administrasi sekolah
  • pengembangan metode dan sumber belajar
  • menjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait
  • Misi Sekolah

Dalam rangka mencapai visi sekolah, perlu kami rumuskan misi sekolah yang dapat menggambarkan serangkaian kegiatan jangka panjang dan jangka pendek dengan arah yang jelas dan sistematis.

Berikut ini adalah misi SD Muhammadiyah 12 Pamulang yang kami rumuskan berdasarkan  visi sekolah:

  • Membentuk generasi yang beriman, bertaqwa dan berakhlak mulia serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang berwawasan global.
  • Menanamkan nilai-nilai islam melalui pembiasaan tertib beribadah dan beramal sholeh.
  • Membentuk sumber daya manusia yang disiplin, bertanggung jawab, aktif, kreatif, inovatif, dan berprestasi sesuai dengan perkembangan zaman.
  • Mengoptimalkan proses pembelajaran dan bimbingan yang efektif dan maksimal.
  • Mengembangkan potensi siswa dalam bidang keislaman, kebangsaan, akademik, kebahasaan, teknologi informasi komunikasi, olah raga dan seni.
  • Memberikan pelayanan pendidikan yang prima untuk mendukung proses belajar dan hubungan kerja yang lebih harmonis, serta membangun citra sekolah sebagai mitra terpercaya di masyarakat.
  • Melangsungkan sistem pengkaderan organisasi bagi pendidik dan tenaga kependidikan.
  • Mengupayakan peningkatan sarana prasarana untuk menunjang proses pembelajaran yang efektif.

Dalam rangka mewujudkan misi tersebut, sekolah berusaha menerapkan peraturan yang ketat dan mengikat sesuai dengan kedudukan masing-masing serta berupaya menjalin komunikasi yang efektif sehingga tercipta suasana belajar dan bekerja yang harmonis

  1. Cirikhas yang menjadi Unggulan

Di samping tujuan sekolah sebagaimana tersebut di atas, SD Muhammadiyah 12 Pamulang mempunyai target pencapaian  lulusan, yang kami sebut dengan “ Five  Out put Quality” (Lima kualitas out put)

Lima Kualitas Out put tersebut adalah :

  • Kualitas Ke-Islaman dan Kemuhammadiyahan

Kualitas Ke-Islaman dan Ke-Muhammadiyahan dispesifikasikan kepada kemampuan lulusan untuk dapat tertib beribadah, fasih membaca dan menghafal Al Qur’an dan berakhlak mulia

  • Kualitas Kebangsaan

Kualiats kebangsaan dispesifikasikan kepada kemampuan lulusan dalam ketermpilan kepemimpinan, serta kemampuan mengapresiasi seni dan budaya bangsa, sebagai wujud cinta tanah air. Salah satu kegiatannya adalah gerakan kepanduan Hizbul Wathan yang sudah terprogram dari kelas I – VI.

  • Kualitas Akademik

Kualitas akademik dispesifikasikan kepada perolehan nilai lulusan minimal rata-  rata 8,0

  • Kualitas Kebahasaan

Kualitas kebahasaan dispesifikasikan kepada kemampuan lulusan terhadap keterampilan berbahasa Indonesia dan berbahasa asing, yaitu bahasa Inggris dan bahasa Arab. Untuk menunjang tercapainya kualitas kebahasaan terutama bidang Bahasa Inggris, SD Muhammadiyah 12 Pamulang menerapkan Kelas Progressive Berbasis Bilingual dari kelas III sampai dengan kelas VI. Kelas III- VI dibuat satu rombongan belajar/kelas Progressive. Karena kami menyadari untuk dapat menjawab tantangan global di masa yang akan datang output harus menguasai Bahasa Inggris dengan baik.

  • Kualitas Keterampilan Teknologi

Kualitas keterampilan teknologi dispesifikasikan kepada kemampuan lulusan terhadap penguasaan mengoperasikan komputer dan teknologi informasi lainnya. Salah satu kegiatannya adalah pengembangan teknologi robotik.

  •   Kiat-kiat yang diterapkan untuk menjadi sekolah Unggul

Untuk mencapai target menjadi sekolah unggul sehingga mendapat kepercayaan masyarakat terutama mencetak out put yang siap menjawab tantangan global adalah:

  1. Memahami Visi dan Misi sekolah yang sudah ditetapkan.
  2. Menerapkan manajemen berbasis sekolah.
  3. Menjalin kemitraan yang harmonis dengan lembaga-lembaga di luar SD Muhammadiyah 12 Pamulang. TK dan PAUD, Dinas Pendidikan dari UPT sampai Pusat, Pimpinan Muhammadiyah dari Cabang sampai dengan Pusat serta lembaga lain yang berkompeten.
  4. Melaksanakan study banding secara terprogram ke sekolah yang lebih maju untuk menambah wawasan dan informasi akan kemajuan dunia pendidikan di luar SD Muhammadiyah 12 Pamulang.
  5. Pembinaan tenaga guru secara terprogram melalui supervisi, pelatihan, seminar dan lain-lain.
  6. Menciptakan suasana kerja yang harmonis di lingkungan sekolah.
  7. Mengadakan open house setiap tahun.
  8. Mengadakan peninjauan target kurikulum setiap tahun.
  9. Memaksimalkan pelaksanaan progam sekolah yang dikelola oleh masing-masing bidang. Yaitu Bidang Kurikulum, Sumber Daya Manusia dan Pengembangan, Bidang Kesiswaan dan Humas serta Bidang Ismubaris (Al Islam, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris).
  10. Mengadakan evaluasi dan koordinasi secara rutin (sebulan sekali) dan setiap akhir pelaksanaan kegiatan (insidentil).
  11. Kondisi Obyektif Sekolah
  12. Struktur Kurikulum

       Kurikulum yang dikembangkan di SD Muhammadiyah 1 Pamulang adalah kurikulum KTSP Plus. Plusnya di sini adalah Kurikulum Intern SD Muhammadiyah 12 Pamulang terkait dengan pelajaran Al Islam, Kemuhammadiyahan, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, TIK dan Robotika serta Tapak Suci.

       Berikut tabel muatan kurikulum KTSP Plus di SD Muhammadiyah 12 Pamulang.

Peraturan Pemeriintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 6 ayat (1) menyatakan bahwa kurikulum untuk jenis pendidikan umum, kejuruan, dan khusus pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas :

  • Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia.
  • Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian.
  • Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi
  • Kelompok mata pelajaran estetika
  • Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga, dan kesehatan

Total Page Visits: 105 - Today Page Visits: 1